Sejarah Singkat Gitar

Sejarah Gitar
Gitar dianggap sebagai anggota keluarga alat musik yang disebut chordophones, tetapi dibedakan dari chordophones lain dengan konstruksi dan penyetelannya. Gitar secara tradisional dibangun dari kayu dan digantung dengan senar nilon atau baja.

Sejarah gitar tuh panjang panjang dan menarik, bukan hanya karena banyak bentuk gitar yang digunakan selama ribuan tahun tetapi juga penemu modern penting yang membentuk cara kita berinteraksi dengan gitar saat ini. Hari ini kita dapat menyimpulkan bahwa hampir setiap masyarakat sepanjang sejarah telah ditemukan telah menggunakan variasi instrumen ini.

Sejarah gitar di satu sisi beriringan dengan sejarah seluruh umat manusia modern. Dengan akar yang berkembang hingga kelahiran peradaban modern di Mesopotamia kuno sekitar empat hingga lima ribu tahun yang lalu, pengaruh alat musik memberi kita kemampuan untuk menciptakan tradisi yang tak terhitung jumlahnya. Di antara banyak instrumen, gitar dan kecapi bersenar sederhana memulai perjalanan mereka dari Timur Tengah dan Persia ke keempat penjuru dunia, memungkinkan leluhur kita untuk memberikan sentuhan mereka pada sejarah gitar dan musik modern.

Akar sejarah gitar Eropa modern dimulai pada masa pemerintahan Romawi Kuno ketika mereka memasukkan instrumen senar Yunani, Chitara dan membawanya ke seluruh wilayah yang berhasil mereka taklukkan. Gitar ini menjadi jenis gitar paling dasar dan paling populer yang digunakan di benua Eropa selama lebih dari 1000 tahun setelah jatuhnya Roma.

Sejarah Gitar Klasik dan Listrik
Sejarah gitar mencapai tahun-tahun awal beberapa peradaban tertua kita. Dari penciptaan, dan perjalanan melalui beberapa milenium kemajuan manusia, ekspansi dan pengembangan, gitar juga mengalami perubahan bentuk yang tak terhitung jumlahnya. Itu bepergian di semua benua, dipengaruhi oleh tradisi yang tak terhitung jumlahnya dan pengaruh musik, yang perlahan-lahan berubah dari “instrumen ritme latar belakang” ke garis depan musik yang terjadi pada tahun-tahun awal abad ke-20 setelah pengembangan “gitar klasik” modern oleh Antonio Torres Jurado (1817 – 1892).

Penampilan historis pertama instrumen seperti gitar ditemukan di Persia kuno, sekitar 3500 tahun yang lalu. Sekitar 2 abad kemudian, pengrajin Hittite (Anatolia kuno) berhasil membangun ukiran batu dari gitar bermain manusia, yang sekarang dihargai sebagai bukti ikonografi tertua tentang asal-usul gitar. Setelah menyebar ke Timur Tengah dan mencapai Mesir, Yunani Kuno dan Cina, instrumen gitar terus diubah oleh bahan, gaya musik dan sebagian besar popularitas instrumen harpa-like. Gitar dari Yunani terus hidup, terutama Chitara dan Tanbur. Chitara menjadi sangat populer di Roma yang memperkenalkan instrumen ini ke seluruh wilayah mereka. Gitar juga melanjutkan kehidupan mereka di luar Eropa, terutama gitar Moor yang dibawa ke Spanyol pada abad ke-8 dan ke-9. Gitar ini memungkinkan luthiers Spanyol untuk mendapatkan keuntungan dalam evolusi dan promosi gitar, menciptakan beberapa desain gitar yang sangat menarik yang bertanggung jawab untuk kemudian mengadopsi banyak instrumen klasik modern lainnya. Gitar paling berpengaruh yang dibuat di Spanyol selama abad ke 15 dan 16 adalah Vihuela, yang kemudian digantikan oleh gitar Baroque. Gitar Eropa yang paling populer untuk waktu yang lama adalah Lute, yang digunakan pada periode yang sama dengan Vihuela.
Periode modern sejarah gitar dimulai dengan eksploitasi gitaris Spanyol dan luthier Antonio Torres Jurado yang pada akhir abad ke-19 berhasil membuat desain gitar yang begitu unggul daripada yang lain dalam produksi. Gitar ini menjadi banyak disalin setelah kematiannya, dan sangat cepat menjadi model standar gitar akustik yang dimainkan di seluruh dunia. Desain “gitar klasik” -nya sekarang dapat ditemukan di semua gitar akustik modern. Momen penting lainnya dalam sejarah gitar terjadi pada 1930-an dengan diperkenalkannya gitar listrik. Pabrikan seperti Gibson, Fender, dan lainnya berhasil merevolusi sepenuhnya cara gitar digunakan dalam musik modern, tentunya dengan bantuan banyak musisi seperti BB King, Elvis, dan lainnya yang benar-benar menggunakannya dalam lagu rock and roll populer mereka.
Hari ini, lebih dari 3500 tahun setelah pertama kali digunakan, gitar merupakan salah satu dari dua instrumen paling populer di dunia (selain piano).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *